Sabtu, 10 November 2012

Apa Itu Wi-Fi

Wi-fi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. Wi-fi merupakan teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi berada pada spectrum 2,4 GhZ. Kecepatan yang dapat kita akses mencapai 11 Mbps, tidak menggunakan kabel tapi harus berada pada daerah yang mempunyai sinyal Wi-fi. Kalau nggak ya, kita tidak bisa mengakses internet. Daerah yang bisa mendapat sinyal Wi-fi kuarang lebih harus berada dalam radius 100 meter dari titik akses.
Ada 3 komponen yang wajib terdapat di dalam lokasi hotspot:
a.Acces Point (titik akses) adalah perangkat  yang menghubungkan teknologi wireles LAN dengan eternet yang terdapat di komputer.
b.Acces controller (pengendali akses)adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi untuk mengecek  apakah seorang pengguna merupakan orang yang mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
c.Internet Link adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet.Internet link mempunyai kemampuan koneksi internet sampai kecepatan 512 kbps
.
Kelemahan dari Wi-fi ini adalah jarak akses yang terbatas dan masih terbatas pada tempat-tempat yang di pasang titik akses. Selain itu, sinyal Wi-fi cenderung terpengaruh pada kondisi cuaca, seperti badai.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...